Kelebihan Pupuk Organik Bagi Kopi Arabika

Kelebihan Pupuk Organik Bagi Kopi Arabika

Pemupukan bertujuan untuk memberikan zat hara bagi tanaman kopi untuk pertumbuhan vegetatif 
(daun, akar dan batang) dan pertumbuhan generatif (bunga dan buah). manfaat pemupukan bagi tanaman kopi
  1. perbaikan kondisi tanaman
  2. peningkatan mutu dan produksi
  3. stabilitas produksi.

ada dua (2) jenis pupuk yang digunakan untuk tanaman kopi arabika antara lain pupuk alami atau organik dan kimia, untuk pembahasan kali ini membahas tentang pupuk organik.
Kelebihan dan Keuntungan Pupuk Organik Untuk Kopi Arabika:
  • bahan tersedia di kebun
  • tidak menimbulkan efek residu/ beracun
  • dapat memperbaiki kondisi sifat tanah (padat menjadi gembur)
  • dapat memperbaiki biologi tanah (terdapatnya cacing dan lain-lain)
  • selain mengandung unsur hara makro juga mengandung unsur mikro
  • meningkatkan daya ikat air
  • meningkatkan kapasitas tukar kation

Kelemahan Pupuk Organik
  • komposi unsur haranya rendah
  • dibutuhkan dalam jumlah yang lebih banyak
  • sulit menentukan jumlah pupuk yang tepat dan sesuai sebagai kebutuhan tanaman kopi

Pentingnya Pupuk Organik Bagi Tanaman Kopi Arabika
Bahan organik memiliki 2 (dua) fungsi utama selain memperbaiki sifat fisik dan biologi tanah, bahan organik juga dapat menyediakan unsur hara, memperbaiki kemampuan tanah menyimpan air, meningkatkan infiltrasi air dan memperbaiki drainase (pengatusan). tanah yang kaya akan bahan organik biasanya tidak mudah mengalami pemadatan serta cenderung tetap porus, dengan kata lain bahan organik menyebabkan struktur tanah menjadi lebih sesuai untuk pertumbuhan kebanyakan tanaman.
Unsur karbon yang banyak terdapat didalam bahan organik merupakan subtrat bagi mikroorganisme tanah, sehingga makin tinggi bahan organik tanah semakin tinggi pula populasi mikroorganismenya. dengan bahan organik kegiatan mikroorganisme meningkat yang secara tidak langsung akan memperbaiki sifat-sifat fisik dari tanah. secara langsung bahan organik mampu menyediakan unsur hara bagi tanaman, seperti Carbon, Nitrogen, Phosphor bahkan unsur-unsur mikro. secara tidak langsung bahan organik mampu merubah bentuk unsur hara tanah dari semula tidak tersedia bagi tanaman menjadi tersedia. beberapa komponen bahan organik mampu membentuk senyawa komplek dengan unsur-unsur yang terikat di dalam tanah seperti Fe dan Mn, sehingga menjadi bentuk tersedia bagi tanaman.

Bahan baku pupuk organik dapat berupa kulit buah kopi hasil pulping,kulit tanduk, pupuk kandang dan serasah tanaman ( tanaman lamtoro, kopi, tithonia sp, batang pisang dan rerumputan.
Kelebihan Pupuk Organik Bagi Kopi Arabika Kelebihan Pupuk Organik Bagi Kopi Arabika Reviewed by Annasya on May 08, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.