Kegiatan dan perlakuan terhadap kopi bulan Januari


Kopi18 - didalam melakukan pembudidaya kopi arabika, bagi petani setiap bulan memiliki arti serta kegiatan tertentu karena keadaan kopi harus disesuaikan dengan iklim yang terjadi pada bulan tersebut agar tidak merusak kopi. serta dengan melihat iklim pada bulan tersebut dapat mempermudah apapun tindakan yang dilakukan terhadap kebun kopi sehingga manajemen lebih teratur dan dan memiliki hasil panen dengan tinggi. yang perlu diperhatikan seperti yang sudah dijelaskan diatas adalah iklim sangat menentukan kondisi kopi. untuk lebih memperjelas keadaan iklim dan kegiatan yang harus dilakukan pada bulan januari. iklim yang terjadi pada bulan januari adalah panas dan hujan kondisi ini membantu buah kopi menjadi merah (matang) sehingga bisa untuk dipanen sedangkan kegiatan yang dilakukan pada bulan januari ada dua kegiatan pokok yaitu:

1.   Panen

tujuan utama dari bertani dan berkebun kopi arabika adalah panen yang melimpah terlebih dengan didukung iklim panas dan hujan yang membantu proses pematangan buah kopi walaupun pada bulan januari belum memasuki panen raya akan tetapi cukup membantu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

2.  Pemangkasan Ringan

seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang bentuk-bentuk dan tipe pemangkasan kegiatan yang dilakukan pada bulan januari adalah pemangkasan ringan yaitu cukup dengan memangkas cabang yang tidak berguna seperti cabang cacing, wiwilan serta cabang yang sudah selesai berbuah hal ini dilakukan untuk mempermudah pemanenan, meperbaharui cabang dan batang kopi serta mempercepat peroses pematang buah.

demikian kegiatan yang harus dan perlu dilakukan petani kopi pada bulan januari akan tetapi perlu diperhatikan setiap daerah memiliki kondisi iklim yang berbeda sehingga perlu penyesuaian kembali kondisi iklim.    

Kegiatan dan perlakuan terhadap kopi bulan Januari Kegiatan dan perlakuan terhadap kopi bulan Januari Reviewed by Annasya on November 27, 2017 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.