Naungan tanaman kopi

Naungan tanaman kopi
Naungan merupakan salah satu bagian yang diperlukan oleh tanaman kopi arabika, naungan yang terlalu gelap menyababkan respon tanaman kopi terhadap pemupukan sangat kurang, dengan kodisi kelembaban yang tinggi  akan merangsang berkembangnya hama penggerek buah, sebaliknya apabila tanaman kopi tidak memiliki atau kekurangan naungan maka tanaman kopi akan mudah mengalami pembuahan lebat (Overbearing) yang menyebabkan tanaman kopi akan cepat mengering, untuk itu keberadaan naungan sangat diperlukan dalam pembudidayaan kopi arabika. manfaat dari naungan untuk tanaman kopi, antara lain:
  1. Menekan pertumbuhan gulma
  2. Mengurangi penyinaran cahaya matahari langsung, sehingga humus tidak cepat hilang
  3. Penghasil bahan organik bagi tanaman kopi
  4. Akar naungan yang mengandung bintil akar dapat menyerap unsur N dari udara sehingga dapat menyuburkan tanah
  5. Dapat menahan erosi
  6. Tajuk  naungan dapat menahan terpaan angin
  7. Naungan memiliki akar yang dalam sehingga dapat menyerap unsur hari dari dalam tanah, 
    Syarat tanaman penaung kopi
    • Tanaman mudah tumbuh, sehingga tidak memerlukan banyak perawatan
    • Pertumbuhan cepat, banyak menghasilkan daun dan tahan pangkasan
    • Daun yang gugur cepat membusuk
    • Memiliki perakaran yang dalam
    • Tajuk dan akar tidak menganggu tanaman kopi
    Ada beberapa jenis naungan yang digunakan untuk tanaman kopi antara lain, naungan sementara, naungan tetap dan naungan produktif.
    1. Naungan Sementara. digunakan untuk tanamn yang belum menghasilkan, ditanam sebelum tanaman kopi ditanam, seperti namanya naungan ini hanya perfungsi hingga naungan tetap berfungsi dengan baik, ketika naungan tetap sudah berfungsi dengan baik maka naungan sementara harus dibongkar, sifat tanamn yang digunakan sebagai naungan sementara adalah tanaman yang pertumbuhanya cepat bisa mencapai 1-3 cm pada umur 3-4 bulan dan naungan sementara sebaiknya tidak hidup lama.
    2. Naungan Tetap. tanaman yang digunakan sebagai naungan tetap harus dipilih yang tahan terhadap pangkasan karena pada saat hujan lebat naungan harus dipangkas untuk memacu pembungaan, pohon yang umumnya digunakan sebagai naungan tetap antara lain, lamtoro (petai cina), Sengon, Gama dan lain-lain.
    3. Naungan Produktif. merupakan naungan tetap atau sementara yang berfungsi sebagai penambah penghasilan, beberapa tanaman atau pohon yang digunnakan sebagai naungan produktif antara lain; jeruk, terong belanda, sengon, pisang,
    Naungan tanaman kopi Naungan tanaman kopi Reviewed by Annasya on May 17, 2016 Rating: 5

    No comments:

    Powered by Blogger.