Pemupukan Kopi Arabika


Tanaman dalam pertumbuhannya memerlukan tiga unsur pokok yang digunakan dalam jumlah yang lebih besar (unsur hara makro) yaitu Nitrogen (N) Phosphor (P) dan Kalium (K), selain itu juga dibutuhkan unsur hara mikro yang digunakan dalam jumlah yang lebih sedikit seperti Mg,Zn,Fn,Fe dan lain lain, unsur hara tersebut jumlahnya semakin terbatas didalam tanah. Tanaman kopi Arabika memerlukan sejumlah unsur hara yang dapat tumbuh dan berproduksi normal. untuk menghasilkan satu ton biji kopi arabika pasar, tanaman kopi memebutuhkan sejumlah unsur hara. setiap satu ton biji kopi yang dipanen mengangkut untsur hara setara dengan 140 Kg Urea, 25 TSP dan 114 KCL, artinya tanah akan terus kehilangan hara apabila tidak dikembalikan dengan cara pemupukan.

waktu pemupukan
Waktu pemupukan dilakukan dua kali dalam satu tahun, yaiu pada awal musim hujan dan akhir musim hujan atau setelah tanaman kopi dipangkas dan sebelum primordia bunga, dengan cacatan tanah harus lembab. pada keadaan tertentu pemupukan ekstra dapat dilakukan, misalnya karena curah hujan yang terlalu tinggi pemupukan dapat dilakukan 2 bulan sebelum akhir panen.

Cara pemupukan
Cara pemupukan tanaman kopi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pemupukan  melalui tanah dan melalui daun, pemberian pupuk kimia melalui tanah dilakukan dengan cara meletakkan pupuk pada alur yang dibuat melingkar sedalam 10-20 Cm disekeliling pohon kopi dan ditutup kembali. lokasi penempatan pupuk adalah antara ujung tajuk terluar dan tengah-tengah tajuk dengan jarak 40-80 cm dari batang pokok. pupuk organik dapat ditaburkan disekeliling pohon atau dibenamkan pada lubang angin, pembenaman pupuk dapat dilakukan jika pupuk tersebut telah matang dengan ciri-ciri, tekstur remah (lepas), warna hitam seperti warna tanah dan tidak bau. pemupukan melalui daun hanya dapat dilkakukan sebagai pelengkap unsur hara yang diberikan dapat dipergunakan oleh tanaman, untuk mengingkatkan efektifitas pemberian pupuk melalui daun penyemprotan hendaknya dilakukan secara merata khususnya pada permukaan daun sebelah bawah.

Dosis Pemupukan
Besar kecilnya dosis pupuk yang diberikan tergantung umur dan produksi tanaman kopi, untuk mempertahankan kondisi tanah agar tetap sehat, maka sebaiknya pepmupukan tetap menambahkan bahan organik kedalam tanah, ada beberapa dosis yang dapat dilakukan.
Dosis Pupuk Organik
Dosis Pupuk Organik Kopi Arabika
Dosis Pupuk Kimia
Dosis Pupuk Kimia
jika ingin mengkombinasikan penggunaan antara pupuk kimia dan organik: pupuk kompos diberikan minimal : 3-5 Kg/phn/tahun, ditambah dengan pupuk kimia sebagai berikut:
Kombinasi Pupuk Organik dan Kimia

Pemupukan Kopi Arabika Pemupukan Kopi Arabika Reviewed by Annasya on May 10, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.